Senin, 15 Oktober 2012

Literature Review dan Summary

Literature review adalah uraian tentang teori, temuan, dan bahan penelitian lainnya yang diperoleh dari bahan acuan untuk dijadikan landasan kegiatan penelitian untuk menyusun kerangka pemikiran yang jelas dari perumusan masalah yang ingin diteliti. Di sumber yang lain mengatakan, literature review adalah analisa berupa kritik (membangun maupun menjatuhkan) dari penelitian yang sedang dilakukan terhadap topik khusus atau pertanyaan terhadap suatu bagian dari keilmuan. Literature review merupakan cerita ilmiah terhadap suatu permasalahan tertentu.

Literature review berisi ulasan, rangkuman, dan pemikiran penulis tentang beberapa sumber pustaka (artikel, buku, slide, informasi dari internet, dll) tentang topik yang dibahas. Literature review yang baik harus bersifat relevan, mutakhir, dan memadai. Landasan teori, tinjauan teori, dan tinjauan pustaka merupakan beberapa cara untuk melakukan literature review.

Tujuan dari literature review antara lain:
1. Membentuk sebuah kerangka teoritis untuk topik/bidang penelitian
2. Menjelaskan definisi, kata kunci, dan terminologi
3. Menentukan studi, model, studi kasus, dll, yang mendukung topik
4. Menentukan lingkup penelitian (topik penelitian)

Tiga point utama dari literature review:
1. Katakan APA yang dikatakan oleh penelitian (teori)
2. Katakan BAGAIMANA penelitian dilakukan (metodologi)
3. Katakan APA YANG HILANG/KURANG, yaitu gap (celah) yang ingin diisi oleh penelitianmu.

Langkah-langkah melakukan literature review yang baik adalah:

1. Membaca tulisan-tulisan ilmiah terkait
Tiga hal yang perlu diperhatikan dalam membaca tulisan yaitu: skimming, paragraph statement, dan document statement.

2. Mengevaluasi tulisan-tulisan ilmiah yang telah dibaca.  
Otoritas peneliti yang menulis penelitian tersebut harus selalu dicek. Jangan mudah percaya bahwa informasi yang kamu dapat merupakan informasi yang valid. Baca lebih dari satu sumber tulisan supaya kamu dapat mengetahui apakah tulisan-tulisan ilmiah tersebut benar atau tidak. Jika benar, pastilah isinya tidak jauh beda dengan tulisan yang lain.
Evaluasi dapat berupa evaluasi data. Lihat kontribusi dan hubungannya terhadap penelitian. Sumber data yang tepat dapat sangat dibutuhkan untuk mendukung penelitian. Data dapat bersifat kualitatif, kuantitatif, maupun gabungan dari keduanya. 

3. Membuat summary publikasi-publikasi tersebut

4. Gabungkan menjadi satu cerita ilmiah yang lengkap mengenai suatu permasalahan (membuat analisis).

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa literature review berbeda dengan summary. Saat melakukan literature review, kita pasti membuat summary. Tapi tak semua orang yang membuat summary, sedang melakukan literature review.
Summary merupakan catatan-catatan penting dari apa yang kita baca. Summary tersebut kita gunakan untuk mengidentifikasi hubungan dan keterkaitan antar tulisan dengan membuat analisa dan lalu kemudian kita interpretasikan.

Pada intinya, melakukan literature review adalah kita mencari kesamaan dan ketidaksamaan, memberikan pandangan, membandingkan, dan meringkas sumber-sumber pustaka yang kita dapat.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

thank you for the guideliness

Poskan Komentar