Selasa, 04 Januari 2011

Lakon Menang Keri

Lakon menang keri. Sebuah pepatah jawa, yang apabila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, berarti: Pemeran Utama Menang Belakangan. Apakah benar?

Mungkin benar jika kita menghubungkannya dengan film-film action atau pertempuran atau horror dan semacamnya, dimana pemeran utamanyam meskipun mendapat cobaan bertubi-tubi, pada akhirnya akan menang. Lihat saja film Transformer 1 ataupun 2, dimana meskipun mendapat serangan dari Megatron, Starcream, dan pasukan deception, pasukan autobot dan Sam Witwicky di akhir cerita meraih kemenangan. Lalu ada film Narnia, Harry Potter, Percy Jackson yang semua pemeran utama di film tersebut menang di akhir cerita.

"Tapi, hidup kita bukan film,"


Memang, kehidupan yang kita jalani ini adalah nyata, bukan film, bukan sebuah cerita pendek, bukan sebuah novel, bukan sebuah skenario film, atau bahkan bukan sebuah dongeng. Semua kejadian yang terjadi, yang melibatkan semua emosi dari dalam diri kita, adalah nyata. Suka, duka, kecewa, haru, bahagia, sedih, tangis, perih, dan semua jenis emosi lainnya yang kita rasakan adalah nyata.

Tapi ada persamaan antara kita dengan Sam Witwicky, Harry Potter, Lucy, Edmund, dan Percy Jackson : kita juga pemeran utama dalam hidup kita.

Pada akhirnya kita akan menang, dengan segala lika-liku kehidupan yang terjadi, dengan akhir cerita yang berbeda-beda bagi tiap orang. Tiap orang memiliki tingkat dan ukuran kebahagiaan serta kemenangan yang berbeda-beda, tergantung apa yang mereka perjuangkan selama ini. Tapi seperti yang saya katakan sebelumnya, kita juga pemeran utama dalam hidup kita. Tak perlu takut menghadapi cobaan yang ada, karna pada akhirnya selalu ada kebahagiaan di tiap kesedihan. Ingat, Lakon Menang Keri.


0 komentar:

Poskan Komentar