Minggu, 13 Februari 2011

Hidup

Song : Miley Cyrus - The Climb

Hidup itu pilihan. Kita menjalani hidup bagaikan menelusuri sebuah pohon mulai dari batang hingga ranting-rantingnya yang bercabang. Namun, kehidupan ini tak hanya kita yang punya, namun juga milik orang lain.

Seringkali, pilihan yang kita ambil sama dengan pilihan yang diambil oranglain. Seringkali pula, dari pilihan tersebut membutuhkan sebuah perjuangan untuk mencapai garis finish. Ya, sebuah persaingan. Apakah salah jika orang lain mengambil pilihan yang sama dengan yang kita ambil? Tidak salah bukan? Kita mempunyai hak untuk memilih, begitu pula dengan mereka.

Jadi, hadapi persaingan tersebut secara sportif. Menang dan kalah hanyalah sebuah status berupa hitam di atas kertas. Namun sesungguhnya tidak ada gelar menang ataupun kalah. Yang ada hanyalah sebuah proses yang harus dilewati untuk mengambil keputusan dan pilihan selanjutnya. Kamu menang, ya, langkah apa yang kamu ambil selanjutnya. Atau kamu kalah, ya, langkah apa yang kamu ambil selanjutnya untuk menata ulang hidupmu.

Kalian pasti mempunyai rencana hidup bukan? Bagaimana kedepannya, apa jalan yang harus kalian ambil, bagaimana jika rencana kalian tidak berjalan sesuai kehendak, rencana cadangan seperti apa yang kalian butuhkan. Untuk mencapai akhir hidup yang happy ending dengan versi kalian pasti melewati banyak jalan dan pilihan bukan? Hadapi apapun yang akan menghadangmu, segala bentuk persaingan yang melibatkan perasaan dan emosi di diri kalian. Jangan kecewa, toh Tuhan sudah mempersiapkan yang terbaik untuk kalian apabila kalian tak lupa untuk senantiasa berdoa padaNya. Tuhan bukan hanya mempersiapkan, namun juga menuntun kalian ke jalan terbaik itu, ke happy ending versi kalian.

Jadi, takutkah kalian dengan segala bentuk persaingan itu? Takutkah kalian sehingga menyalahkan orang lain yang mengambil pilihan yang sama dengan kalian? Takutkah kalian menghadapi hidup?

0 komentar:

Poskan Komentar