Senin, 10 September 2012

Pertemuan Pertama Kapita Selekta Teknik Industri

Pertemuan pertama pada mata kuliah Kapita Selekta Industri digunakan Bapak Imam Baihaqi untuk menjelaskan pada saya dan teman-teman mengenai skills yang dibutuhkan untuk melakukan research. Skills tersebut antara lain:

1. Critical.
Kemampuan berpikir kritis harus diimbangi dengan intensitas membaca. "Sesuatu di-publish untuk dikritisi," kata beliau. Salah satu cara melatih kemampuan berpikir kritis adalah dapat dimulai dengan membaca abstrak laporan-laporan research dan mampu menemukan keyword dari abstrak tersebut.


2. Organized.
Menyusun sebuah laporan research harus dilakukan secara terstruktur. Pertama, menemukan permasalahan yang akan dipecahkan dalam research tersebut. Kemudian mengumpulkan data yang akan dibutuhkan yang selanjutnya akan diolah. Dari pengolahan data tersebut, akan didapatkan suatu hasil yang harapannya dapat menjawab dari tujuan research itu sendiri.
 
3. Writing.
Writing mencakup hal-hal sebagai berikut:
- Ide
- Spelling
- Formatting
- Tanda Baca
Menulis research yang baik adalah mampu menuangkan ide secara tepat dalam bahasa yang mampu dipahami oleh semua orang yang membacanya. Hilangkan kebiasaan berbasa-basi saat menulis laporan agar laporan terlihat tebal. "Tebal tidak selalu baik. Yang penting isinya itu meaningful," kata beliau. Beliau menambahkan, dalam menulis laporan, struktur isi laporan tidak harus selalu sama dengan laporan-laporan research yang telah ada. Contoh laporan-laporan research yang ada bukan 'harga mati' bagi kita untuk menyusun laporan research.
      
4. Integrated.
Saat melakukan research, pasti ada satu mata kuliah yang dominan, yang ilmuna sebagian besar diterapkan dalam research tersebut. Namun, kita juga membutuhkan mata kuliah-mata kuliah yang lain sebagai penunjang. Contohnya, kita mau mengambil Tugas Akhir mengenai Ergonomi. Namun, ilmu Statistik Industri dibutuhkan pula untuk mengumpulkan dan mengolah data.
5. Interpersonal.
Kemampuan berkomunikasi untuk menyampaikan laporan (presentasi), mencari data.
 
6. IT 
IT terbagi menjadi 2, yaitu:
- Productivity (Ms. Office, Word, Power Point, Visio, dll)
- Research (Matlab, SPSS, Arena, dll)

Bapak Imam Baihaqi berharap dengan adanya Mata Kuliah Kapita Selekta Teknik Industri ini, kami selaku mahasiswa/i-nya dapat segera termotivasi untuk menyusun Tugas Akhir mulai sekarang, agar kelak tidak terburu-buru.

Di akhir kelas, Bapak Imam Baihaqi mengabsen kami dengan cara mengambil foto satu per satu dari kami yang ada di kelas. Tak lupa beliau mencatat email yang biasa kami gunakan. Menurut saya, itu merupakan salah satu cara yang cukup baik bagi dosen untuk mengenal mahasiswa dan mahasiswinya. :)

0 komentar:

Poskan Komentar