Senin, 10 September 2012

PART II : Benarkah Tahap Mencari Data itu Sulit?

"Tahap mencari data adalah tahapan yang paling sulit dalam proses pengerjaan Tugas Akhir"


Saya setuju dengan pernyataan di atas. Namun, mahasiswa/i juga harus dapat dengan baik menterjemahkan permasalahan yang diangkat sebagai topik Tugas Akhir. Apabila problem dapat diterjemahkan dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah mengumpulkan data sesuai dengan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan problem tersebut. Jadi menurut saya, menterjemahkan permasalahan dan mencari data adalah dua tahapan awal yang menentukan proses akhir dari pengerjaan Tugas Akhir itu sendiri.

Ada 2 metode pengumpulan data, yaitu metode literature dan interview. Sedangkan data dibagi menjadi dua, yaitu data primer dan sekunder. Data primer merupakan data yang dapat digunakan sebagai perhitungan dalam penyelesaian Tugas Akhir, sedangkan data sekunder merupakan data yang telah ada dan tersusun secara sistematis serta merupakan hasil penelitian atau rangkuman dari dokumen-dokumen perusahaan.

Yang harus dilakukan dalam mengumpulkan data dengan metode literature adalah menentukan terlebih dahulu data yang dibutuhkan, kemudian dimana data tersebut dapat ditemukan, dan mengurus surat perijinan mengambil data bila diperlukan.

Mengumpulkan data dengan metode interview dibutuhkan kemampuan untuk menyusun pertanyaan-pertanyaan yang baik dan dapat dimengerti oleh kalangan yang kita tuju. Kita tidak bisa menggunakan bahasa yang 'tinggi' ke orang-orang yang kurang beruntung. Kuisioner biasanya juga digunakan sebagai alat interview. Guna menghindari kesalahpahaman antara kita dan koresponden, maka kita sebaiknya mendampingi mereka saat mengisi kuisioner. Kita dapat membantu menjelaskan maksud dari pertanyaan kita apabila mereka tidak mengerti. 

Data yang dikumpulkan pun harus divalidasi terlebih dahulu sebelum diolah lebih lanjut. Dan tidak semua jawaban yang kita kumpulkan valid. Terkadang, kita harus bekerja lebih dari sekali untuk mengumpulkan data yang valid. Lebih susah lagi bila data yang harus kita kumpulkan harus membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi, seperti mencatat waktu kedatangan, mencatat jumlah transaksi, atau mengukur ketinggian suatu daerah.

Saya dapat mengambil kesimpulan, bahwa memang benar adanya tahap pencarian data merupakan yang paling sulit. Namun, semuanya tergantung dari kesungguhan dari kita untuk mendapatkan data yang valid sehingga dapat diolah guna menjawab permasalahan yang dibahas di Tugas Akhir.

0 komentar:

Poskan Komentar